Jumat, 23 Maret 2012

Karya Seni Musik



1.Unsur-unsur Musik
a.Nada,yaitu bunyi yang memiliki frekuensi tertentu secara bersusun.
b)Ritme,Istilah ritme lebih dekat dengan sebutan birama dalam musik,kata ritme lebih mengacu pada beat/hentakan yang secara teratur datang.
2.Fungsi musik sesuai sejarah perkembanganya
Periodisasi perkembangan musik beserta fungsinya sebagai berikut:
a.Masa sebelum ada peradaban
Pada masa ini musik digunakan untuk memanggil orang untuk berkumpul,digunakan sebagai tanda dalam peperangan,sebagai iringan  tari upacara tertentu,dan sebagainya.
b.Peradaban bangsa kuno
Pada masa ini alat musik mulai diciptakan dan dibuat.Pada masa inilah musik digunkan sebagi alat hiburn,iringan pementasan teater,iringan dan nyanyian,serta dimainkan secara orkestral.
c.Abad Pertengahan
Abad pertengahan berlangsung mulai sekitar tahun 400 M hingga 1400 M merupakan periode kesuburan musik2 rakyat dan musik tarian.
d.Akhir periode abad pertengahan
Merupakan awal penulisan karya2 musik yang lebih mengarah pada bentuk musik liturgi(musik keagamaan).
e.Masa Renaisance(1400-1600)
Pada masa itu karakteristik musiknya lembut,mengalir dan merupakan refleksi idealisme spirit kaum intelektual.
f.Zaman Barok(1600-1750)
Barok berasal dari bahasa Portugisbarucco atau barocco yang berarti lonjong atau tidak datar. Istilah ini untuk pertama kali digunakan oleh Denis Diderot sebagai nama kesenian pada tahun 1750.
Zaman Barok berada sesudah zaman pencerahan. Pengaruh pikiran manusia di zaman pencerahan terus terbawa sampai dengan zaman barok. Selain pikiran, orang-orang di zaman barok juga memperhatikan perasaan dan imajinasi (dalam bahasa Yunani phantasia). Orang-orang pada zaman ini berusaha menambahkan kesan mewah dalam memperluas batas realita hidup dengan khayalan-khayalan yang fantastis misalkan cita-cita. Sesuatu yang berlebihan atau ketidakwajaran di zaman barok terlihat dalam cara orang memakai rambut palsu, etiket sopan santun yang kaku, serta dunia yang dipandang sebagai dunia sandiwara dengan adanya pameran, sutradara dan musik. Di dalam gereja sikap yang berlebihan terlihat dari altar gereja yang dihias sedemikan rupa rumitnya sehingga menyerupai surga yang terbuka, melebihi fungsi fungsionalnya sebagai meja atau mezbah sederhana. Dengan demikian seni barok untuk membuat ibadat lebih atratktif, berkesan dan surgawi.
3.Sejarah Dan Fungsi Musik Daerah
Lagu daerah atau musik daerah atau lagu kedaerahan, adalah lagu atau musik yang berasal dari suatu daerah tertentu dan menjadi populer dinyanyikan baik oleh rakyat daerah tersebut maupun rakyat lainnya. Umumnya pencipta lagu daerah ini tidak diketahui lagi alias noname. 
Lagu kedaerahan mirip dengan lagu kebangsaan, namun statusnya hanya bersifat kedaerahan saja. Lagu kedaerahan biasanya memiliki lirik sesuai dengan bahasa daerahnya masing-masing. Misalkan lagu kedaerahan Bali adalah Bali Jagaddhita.
Lagu daerah atau musik daerah ini biasanya muncul dan dinyanyikan atau dimainkan pada tradisi-tradisi tertentu pada masing-masing daerah, misal pada saat menina-bobok-kan anak, permainan anak-anak, hiburan rakyat, pesta rakyat, perjuangan rakyat, dan lain sebagainya.
4.Jenis-Jenis Musik Daerah
a.Musik daerah jawa tengah
Musik tradisional Jawa Tengah adalah gamelan.Gamelan terdiri dari beberapa macam alat musik diantaranya saron,kempul,kenong,bonang,kendang,gong,gender,dan lain-lain.
Berdasarkan laras/nada,gamelan terdiri atas dua laras yakni slendro dan pelog.Gamelan slendro menggunakan urutan nada 1-2-3-5-6-1 ,sedangkan gamelan pelog menggunakan urutan nada 1-2-3-4-5-6-7.Nama2 gamelan adalah kodok ngorek,manggang,sekaten,dan gamelan gede.


2.Musik Daerah Riau
Musik daerah riau ada dua jenis yaitu:
a.Orkes melayu,adalah orkes yang menyanyikan lagu-lagu melayu asli
b.Musik gambus,membawakan lagu2 bernapaskan islam.


Alat Musik Gambus

3.Musik daerah Batak,Sumatra UtaraMusik daerah ini disebut dengan musik gondang atau tatagoning.

Alat Musik Kolintang khas dari Batak

4.Musik Jawa BaratDi daerah ini terdapat ragam musik seperti berikut:a.Calung adalah seperangkat alat  musik dari bambu yang termasuk alat musik pukul dengan nada pentatonis berlaras slendro dan pelog.b.Angklung adalah alat musik dari bambu yang cara memainkanya dengan di kocok.Nada yang digunakan adalah pentatonis dan diatonis.c.Gamelan degung,adalah seperangkat alat musik yang mempunyai ciri dan warna musik tersendiri.

Angklung

5.Musik Daerah Sulawesi Selatan
Musik nya terdiri dari dua jenis,yakni Musik Bugis dan Musik Makassar,alat musik sebagai pelengkap kedua jenis musik di atas adalah:
a.Popandi/talindo
b.Gendang
c.Puwi-puwi
d.Kesoan
e.Kecapi


6.Musik Daerah BaliMusk bali hampir sama dengan musik jawa hanya resonator pada gamelan bali lebih tinggi.

Rindik merupakan alat musik tradisional Bali

5.Musik Modern
Musik modern sering disebut juga musik nonotradisi,maksudnya musik modern tidak lahir dari budaya suatu masyarakat tertentu.Musik modern bersifat terbuka.artinya komposisi dan gaya musik sangat dipengaruhi oleh berbagai pegalaman musikal para musisi.Beberapa jenis musik modern adalah sebagai berikut:1.Musik JazzMerupakan jenis musik yang dikembangkan pertama kali oleh orang2 afrika-amerika.2.Musik Rhythm and Blues (Rn'B)Musik ini terdiri atas berbagai jenis musik populer yang saling terkait.Di indonesia musik R&B mulai muncul sekitar tahun 1990-an.Musik ini terus berkembang hingga sekarang.3.Musik PopMusik ini berkembang di indonesia sekitar tahun 1960-an.Salah satu ciri musik pop adalah penggunaan ritme yang terasa bebas dengan mengutamakan permainan drum dan gitar bass.4.Musik RockAdalah jenis aliran musik yang dipengaruhi dari pola boogie-woogie sebagai kesinambungan blues dan berkakar dari musik country.Penemunya dalah Fat Domino.Dalam perkembanganya musik rock terbagi beberapa aliran  yaitu metal,punk,alternative,grungu.5.Musik CountryCiri khas musik country adalah penggunaan alternasi bass.Bila memainkan akor C misalnya,maka bas C dan G dbunyikan bergantian dengan striumming tetap akor C.6.Musik ReggaeMerupakan irama musik yang berkembang di jamaika.
6.TUJUAN MUSIK1.Rekreaitf,Musik diciptakan untuk tujuan hiburan semata,tanpa memiliki tujuan apapun.2.Magis,pada konteks ini tujuan diciptakanya musik yaitu untuk menimbulkan suasana magis.3.Religius,musik memiliki sifat yang holistic,suci.Tujuan diciptakanya musik yaitu untuk memuja Sang Pencipta sehingga memiliki sifat dan karakter yang agung.4.Simbolis,tujuan diciptakanya musik pada konteks ini yaitu agar dapat membangkitkan rasa kebanggaan tertentu dalam diri seseorang.Contohnya lagu kebangsaan yang memiliki tujuan simbolis tertentu5.Komersial,pada konteks ini tujuan diciptakanya musik untuk memperoleh keuntungan finansial,baik bagi penciptanya maupun penyanyinya.6.Kreatif,tujuan karya musik yang diciptakan dalam konteks ini yaitu semata-mata diarahkan pada penggalian dan pengembangan kreativitas senimanya.
7.FUNGSI DAN PERAN MUSIK TRADISIONAL DAN MODERN1.Fungsi Musik
a.TradisionalMusik tradisional adalah musik yang lahir dari budaya daerah yang sudah ada sejak nenek moyang,diwariskan secara turun-temurun,alat dan penyajianya sederhana,contohnya gamelan.Fungsi musik musik tradisional:1.Untuk mengiringi pergelaran(teater daerah)2.Untuk mengiringi gerak tari daerah/klasik.3.Sebagai sarana hiburan para bangsawan.4.Untuk mengiringi upacara adat dan religius.5.Memperkaya pengalaman jiwa.

b.Musik ModernMusik modern merupakan bentuk pelepasan diri dari kekangan musik2 sebelumnya,khususnya musik klasik.Fungsi musik modern antara lain:1.Musik sebagai hiburan masyarakat untuk refreshing menyegarkan otak dan fisik dari kejenuhan dan kelelahan.2.Musik dapat berfungsi untuk pendidikan.3.Musik sebagai media berekspresi dan berkreativitas dari seniman musikus.4.Musik modern dapat pula difungsikan sebagai alat promosi perusahaan atau untuk kepentingan bisnis,atau perdagangan.
2.Peran MusikBeberapa peranan musik adalah sebagai berikut :a.Sebagai kebanggaan suatu bangsa dan merupakan karakter dan ciri khas suatu daerah.b.Sebagai media ekspresi dan komunikasi sosial budaya masyarakat.Sebagai dorongan untuk mempunyai rasa cinta dan bangga terhadap potensi daerah yang perlu dilestarikan dan dikembangkan sebagai bagian dari budaya nasional indonesia.
Berikut di bawah ini video contoh jenis karya musik daerah jawa tengah yaitu Gamelan :





Sumber : 1)Modul Seni Budaya MENTARI Kelas 10 SMK Semester I
                2)Google images.
                3)You Tube
                4)Wikipedia

               

  


Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar