EDUTECH CREATIVE BLOGGING COMPETITION 2012

Lomba Blog Yang Diselenggarakan oleh UNY

Batik

Merupakan Seni Budaya Khas Dari Indonesia

Wayang Kulit

Merupakan Karya Seni Budaya Dari Jawa Tengah

Angklung

Merupakan Karya Seni Musik Asal Indonesia

Seni Budaya

Merupakan Harta Yang Harus Kita Jaga dan Lestarikan

Selasa, 27 Maret 2012

JENIS,PERAN DAN PERKEMBANGAN SENI TARI

 

Tari Pendet Merupakan Tari jenis tradisional asal bali


Tari tradisional adalah tari yang telah baku oleh aturan-aturan tertentu.
Tari Tradisional dikelompokan lagi menjadi beberapa jenis, yaitu sebagai berikut:
1)    Tari primitif

Tari primitif merupakan tari yang berkembang di daerah yang menganut kepercayaan animisme dan dinamisme.
2)    Tari rakyat
Tari-tarian yang disebut tari rakyat adalah tarian yang hingga kini berkembang di daerah yang bersangkutan.
3)    Tari klasik
Adalah tari yang berkembang di kerajaan-kerajaan yang setelah ada di Indonesia.
b.    Tari nontradisional/modern (tari kreasi baru)
                 =>Jenis-jenis Tari
1.     Tari berdasarkan konsep garapannya
                  Berdasarkan konsep garapanya, jenis tari dibedakan atas                                  
                  tari tradisional dan tari nontradisional.
a.     Tari tradisional

Tari Jaipong merupakan jenis tari non tradisional

Tari nontradisional adalah tari yang tidak berpijak pada aturan yang sudah ada seperti tari tradisional.
2.     Tari berdasarkan orientasi peran/fungsi di masyarakat
a.     Tari upacara

Tari Kecak merupakan jenis tari upacara dari Bali


Tari dalam upacara pada umumnya bersifat sacral dan magis, untu kini ada beberapa ciri (umum) tari upacara,antara lain:
1)    Gerak tari imitative, meniru gerak-gerik alam sekitar
2)    Ungkapan gerak mirip ekspresi kehendak jiwa penarinya
3)    Ada Suasana magis,mistis, dan religius
4)    Gerak sederhana dan terbatas.
Tari upacara ini dibagi menjadi dua yaitu:
1)Tari adat
Beberapa contoh dari tari adat yaitu Bedhoyo 5 dan Bedhoyo Ketawang 9,Gambyong,Karonsih,danGatutkoco Gandrung,Kuda lumping,Jatilan.
2)Tari agama
Tari agama adalah tari yang diyakini memiliki karismatik khusus
Adapun contoh tari upacara yatiu:
1) Tari Bedaya Semang (Yogyakarta)
2) Tari Bedaya Ketawang (Surakarta)
3) Tari Pendet(Bali)
4) Tari Gandari(Sumatra)
                     b. Tari hiburan


Tari Zapin

Tari hiburan disebut tari gembira, untuk itu ada beberapa ciri tari hiburan yaitu:
1) Mudah melibatkan peserta  4) Mood yang bergembira
2) Pakaian bebas                      5) Unsur Gerak Sederhana
3) Relatif mudah dipelajari
Adapun contoh tari hiburan yaitu :
1)    Tari Tayub (JawaTimur,Jawa Tengah)
2)    Tari Ketuk Tilu (Jawa Barat)3)    Tari Gandrung (Banyuwangi)4)    Tari Joged Bumbung (Bali)5)    Tari Serampang Dua Belas (Sumatra)

     c. Tari pertunjukan
Tari Barong

Tari pertunjukan adalah jenis tari yang sengaja disusun untuk dipertontonkan.Ciri-ciri tari pertunjukan yaitu :
1)    Pola garapanya merupakan penyajian yang khusus untuk dipertunjukan.
2)    Adanya factor imajinatif/kreativitas.
3)    Adanya ide yang mengandung dan mengarah kepada konteks pementasan yang professional.
4)    Kadang kapementasanya hanya menghendaki penonton tertentu
5)    Lokasi pementasan di tempat yang khusus
3.     Tari berdasarkan orientasi artistic
Tari berdasarkan orientasi artistic lebih menekan kepada bentuk tari yang menonjolkan penggarapan seni atau estetis secara vulgar.
4.     Tari berdasarkan bentuk penyajian
Berdasatkan bentuk penyajian jenis tari dibagi menjadi empat macam,yaitu tari tunggal,tari berpasangan,tari massal dan drama tari.
a.     Tari tunggal
Tari tunggal adalah jenis tari yang dimainkan mutlak oleh seorang penari.
b.    Tari berpasangan
Tari berpasangan adalah tari yang dibawakan oleh dua orang penari yang saling melengkapi satu dengan yang lainya.
Dalam seni tradisi, tari berpasangan ini dibedakan menjadi dua yaitu:
1) Jenis wiring
Tari ini banyak menampilkan tema keprajuritan lepas dari bagian cerita wayang/babad /legenda.
2) Jenis pethilan
Tari ini mengambil bagian dari suatu cerita,karakter tidak selalu sama(disesuaikan dengan yang dibawakan).
c.      Tari kelompok
Tari kelompok adalah tari yang disajikan oleh sekelompok penari yang tidak berpasangan.jumlah penarinya biasa 3,4,5 orang ataulebih.
d. Tari massal
     Adalah tarian yang dimainkan oleh banyak penari,penyajianya memerlukan tempat yang luas.
Tari yang melibatkan banyak penari dibedakan menjadi dua yaitu:
     1) Tari kelompok noncerita artinya tari dengan bentuk koreografi.Susunan gerak tari merupakan kelompok yang bertema (non dramatic).
     2) Tari kelompok  yang menggunakan cerita (dramatic),dapat berwujud fragmen atau ceritasingkat.
Di bawah ini contoh bentuk tari massal:

No.
Tari Noncerita
Tari Cerita
1.
2.
3.
4.
Tari Tunggal (Gambyong)
Tari Jaranan
Tari Tayub
Tari Dolanan Anak
Tari Pejuang
Sendra Tari Jaka Tarub
Langendriyan Menakjinggo Leno

=>FUNGSI DAN PERANAN SENI TARI
Beberapa fungsi dan peran seni tari adalah sebagai berikut:
1. Tari sebagai sarana upacara
Tari ini memiliki ciri2 sebagai berikut:
a.Hidup dan berkembang dalam tradisi yang kuat.
b.Sebagai sarana memuja dewa.
c.Bersifat kebersamaan dan diulang-ulang.
contoh: -Tari Ngaben dan Tari Raupe juga Saran.
2. Tari sebagai sarana hiburan
Contoh : Tari sekarputri,Ratu graeni, dan sebagainya.
3. Tari sebagai sarana pergaulan
Contoh : Tari ketuk tilu,Jaipongan(Sunda),Tari Maengket(Sulawesi),Tari Tujuah Lompat(Maluku),Tari Janger (Bali).
4. Tari sebagai penyalur terapi
Jenis tari ini biasanya dimainkan oleh penyandang cacad fisik atau cacad mental.
5. Tari sebagai media pendidikan
6. Tari sebagai pertunjukan
7. Tari sebagai media katarsis

Kartasis berarti pembersihan jiwa. Seni tari ini lebih mudah dilaksanakan oleh orang yang telah taraf dalam penghayatan seni.
Selain memiliki beberapa fungsi diatas seni tari juga memiliki peranan yang sama seperti seni-seni lainya,yaitu tari sebagai media ekspresi,komunikasi,berpikir kreatif,dan mengembangkan bakat.
=>GERAK DASAR TARI
Berikut adalah macam bentuk gerak dalam tari:
1. Gerak sehari-hari, yang berupa Gerak Spontan,gerak mekanis,gerak2 khusus.
2. Gerak berstruktur,yaitu gera2]k yang memiliki pola tertentu sehingga dapat ditiru. 
Gerak ini dibagi menjadi dua :
a.Gerak maknawi,yaitu gerak2 yang bersumber dari kehidupan sehari-hari.
b.Gerak Murni,yaitu gerak yang disengaja diciptakan untuk keperluan tari dengan maksud menampilkan kesan keindahan.
=>SEJARAH DAN PERKEMBANGAN TARI DAERAH
1. Zaman masyarakat primitif
Pada zaman bini bentuk tari masih sangat sederhana.
2.Zaman masyarakat feodal
Pada zaman ini gaya2 tari yang baku tidak hanya dipakai dalam upacara tetapi untuk hiburan juga dan seni pertunjukan/tontonan.
3.Zaman masyarakat modern
Pada zaman ini para seniman mencoba menciptakan tari2 yang lebih kreatif.Mereka memperbarui nilai dan bentuk tari,yang sekarang sering disebut tari kreasi baru.
Berikut saya persembahkan video tari Anoman -Indrajit asal Jawa Tengah
Tari Anoman-Indrajit merupakan tarian tradisional asal Jawa Tengah.
The End
Thank You :)
Sumber : a. Modul Mentari Kelas X SMK Semester I
                 b. Mbah Google
                 c. Youtube


Jumat, 23 Maret 2012

Karya Seni Musik



1.Unsur-unsur Musik
a.Nada,yaitu bunyi yang memiliki frekuensi tertentu secara bersusun.
b)Ritme,Istilah ritme lebih dekat dengan sebutan birama dalam musik,kata ritme lebih mengacu pada beat/hentakan yang secara teratur datang.
2.Fungsi musik sesuai sejarah perkembanganya
Periodisasi perkembangan musik beserta fungsinya sebagai berikut:
a.Masa sebelum ada peradaban
Pada masa ini musik digunakan untuk memanggil orang untuk berkumpul,digunakan sebagai tanda dalam peperangan,sebagai iringan  tari upacara tertentu,dan sebagainya.
b.Peradaban bangsa kuno
Pada masa ini alat musik mulai diciptakan dan dibuat.Pada masa inilah musik digunkan sebagi alat hiburn,iringan pementasan teater,iringan dan nyanyian,serta dimainkan secara orkestral.
c.Abad Pertengahan
Abad pertengahan berlangsung mulai sekitar tahun 400 M hingga 1400 M merupakan periode kesuburan musik2 rakyat dan musik tarian.
d.Akhir periode abad pertengahan
Merupakan awal penulisan karya2 musik yang lebih mengarah pada bentuk musik liturgi(musik keagamaan).
e.Masa Renaisance(1400-1600)
Pada masa itu karakteristik musiknya lembut,mengalir dan merupakan refleksi idealisme spirit kaum intelektual.
f.Zaman Barok(1600-1750)
Barok berasal dari bahasa Portugisbarucco atau barocco yang berarti lonjong atau tidak datar. Istilah ini untuk pertama kali digunakan oleh Denis Diderot sebagai nama kesenian pada tahun 1750.
Zaman Barok berada sesudah zaman pencerahan. Pengaruh pikiran manusia di zaman pencerahan terus terbawa sampai dengan zaman barok. Selain pikiran, orang-orang di zaman barok juga memperhatikan perasaan dan imajinasi (dalam bahasa Yunani phantasia). Orang-orang pada zaman ini berusaha menambahkan kesan mewah dalam memperluas batas realita hidup dengan khayalan-khayalan yang fantastis misalkan cita-cita. Sesuatu yang berlebihan atau ketidakwajaran di zaman barok terlihat dalam cara orang memakai rambut palsu, etiket sopan santun yang kaku, serta dunia yang dipandang sebagai dunia sandiwara dengan adanya pameran, sutradara dan musik. Di dalam gereja sikap yang berlebihan terlihat dari altar gereja yang dihias sedemikan rupa rumitnya sehingga menyerupai surga yang terbuka, melebihi fungsi fungsionalnya sebagai meja atau mezbah sederhana. Dengan demikian seni barok untuk membuat ibadat lebih atratktif, berkesan dan surgawi.
3.Sejarah Dan Fungsi Musik Daerah
Lagu daerah atau musik daerah atau lagu kedaerahan, adalah lagu atau musik yang berasal dari suatu daerah tertentu dan menjadi populer dinyanyikan baik oleh rakyat daerah tersebut maupun rakyat lainnya. Umumnya pencipta lagu daerah ini tidak diketahui lagi alias noname. 
Lagu kedaerahan mirip dengan lagu kebangsaan, namun statusnya hanya bersifat kedaerahan saja. Lagu kedaerahan biasanya memiliki lirik sesuai dengan bahasa daerahnya masing-masing. Misalkan lagu kedaerahan Bali adalah Bali Jagaddhita.
Lagu daerah atau musik daerah ini biasanya muncul dan dinyanyikan atau dimainkan pada tradisi-tradisi tertentu pada masing-masing daerah, misal pada saat menina-bobok-kan anak, permainan anak-anak, hiburan rakyat, pesta rakyat, perjuangan rakyat, dan lain sebagainya.
4.Jenis-Jenis Musik Daerah
a.Musik daerah jawa tengah
Musik tradisional Jawa Tengah adalah gamelan.Gamelan terdiri dari beberapa macam alat musik diantaranya saron,kempul,kenong,bonang,kendang,gong,gender,dan lain-lain.
Berdasarkan laras/nada,gamelan terdiri atas dua laras yakni slendro dan pelog.Gamelan slendro menggunakan urutan nada 1-2-3-5-6-1 ,sedangkan gamelan pelog menggunakan urutan nada 1-2-3-4-5-6-7.Nama2 gamelan adalah kodok ngorek,manggang,sekaten,dan gamelan gede.


2.Musik Daerah Riau
Musik daerah riau ada dua jenis yaitu:
a.Orkes melayu,adalah orkes yang menyanyikan lagu-lagu melayu asli
b.Musik gambus,membawakan lagu2 bernapaskan islam.


Alat Musik Gambus

3.Musik daerah Batak,Sumatra UtaraMusik daerah ini disebut dengan musik gondang atau tatagoning.

Alat Musik Kolintang khas dari Batak

4.Musik Jawa BaratDi daerah ini terdapat ragam musik seperti berikut:a.Calung adalah seperangkat alat  musik dari bambu yang termasuk alat musik pukul dengan nada pentatonis berlaras slendro dan pelog.b.Angklung adalah alat musik dari bambu yang cara memainkanya dengan di kocok.Nada yang digunakan adalah pentatonis dan diatonis.c.Gamelan degung,adalah seperangkat alat musik yang mempunyai ciri dan warna musik tersendiri.

Angklung

5.Musik Daerah Sulawesi Selatan
Musik nya terdiri dari dua jenis,yakni Musik Bugis dan Musik Makassar,alat musik sebagai pelengkap kedua jenis musik di atas adalah:
a.Popandi/talindo
b.Gendang
c.Puwi-puwi
d.Kesoan
e.Kecapi


6.Musik Daerah BaliMusk bali hampir sama dengan musik jawa hanya resonator pada gamelan bali lebih tinggi.

Rindik merupakan alat musik tradisional Bali

5.Musik Modern
Musik modern sering disebut juga musik nonotradisi,maksudnya musik modern tidak lahir dari budaya suatu masyarakat tertentu.Musik modern bersifat terbuka.artinya komposisi dan gaya musik sangat dipengaruhi oleh berbagai pegalaman musikal para musisi.Beberapa jenis musik modern adalah sebagai berikut:1.Musik JazzMerupakan jenis musik yang dikembangkan pertama kali oleh orang2 afrika-amerika.2.Musik Rhythm and Blues (Rn'B)Musik ini terdiri atas berbagai jenis musik populer yang saling terkait.Di indonesia musik R&B mulai muncul sekitar tahun 1990-an.Musik ini terus berkembang hingga sekarang.3.Musik PopMusik ini berkembang di indonesia sekitar tahun 1960-an.Salah satu ciri musik pop adalah penggunaan ritme yang terasa bebas dengan mengutamakan permainan drum dan gitar bass.4.Musik RockAdalah jenis aliran musik yang dipengaruhi dari pola boogie-woogie sebagai kesinambungan blues dan berkakar dari musik country.Penemunya dalah Fat Domino.Dalam perkembanganya musik rock terbagi beberapa aliran  yaitu metal,punk,alternative,grungu.5.Musik CountryCiri khas musik country adalah penggunaan alternasi bass.Bila memainkan akor C misalnya,maka bas C dan G dbunyikan bergantian dengan striumming tetap akor C.6.Musik ReggaeMerupakan irama musik yang berkembang di jamaika.
6.TUJUAN MUSIK1.Rekreaitf,Musik diciptakan untuk tujuan hiburan semata,tanpa memiliki tujuan apapun.2.Magis,pada konteks ini tujuan diciptakanya musik yaitu untuk menimbulkan suasana magis.3.Religius,musik memiliki sifat yang holistic,suci.Tujuan diciptakanya musik yaitu untuk memuja Sang Pencipta sehingga memiliki sifat dan karakter yang agung.4.Simbolis,tujuan diciptakanya musik pada konteks ini yaitu agar dapat membangkitkan rasa kebanggaan tertentu dalam diri seseorang.Contohnya lagu kebangsaan yang memiliki tujuan simbolis tertentu5.Komersial,pada konteks ini tujuan diciptakanya musik untuk memperoleh keuntungan finansial,baik bagi penciptanya maupun penyanyinya.6.Kreatif,tujuan karya musik yang diciptakan dalam konteks ini yaitu semata-mata diarahkan pada penggalian dan pengembangan kreativitas senimanya.
7.FUNGSI DAN PERAN MUSIK TRADISIONAL DAN MODERN1.Fungsi Musik
a.TradisionalMusik tradisional adalah musik yang lahir dari budaya daerah yang sudah ada sejak nenek moyang,diwariskan secara turun-temurun,alat dan penyajianya sederhana,contohnya gamelan.Fungsi musik musik tradisional:1.Untuk mengiringi pergelaran(teater daerah)2.Untuk mengiringi gerak tari daerah/klasik.3.Sebagai sarana hiburan para bangsawan.4.Untuk mengiringi upacara adat dan religius.5.Memperkaya pengalaman jiwa.

b.Musik ModernMusik modern merupakan bentuk pelepasan diri dari kekangan musik2 sebelumnya,khususnya musik klasik.Fungsi musik modern antara lain:1.Musik sebagai hiburan masyarakat untuk refreshing menyegarkan otak dan fisik dari kejenuhan dan kelelahan.2.Musik dapat berfungsi untuk pendidikan.3.Musik sebagai media berekspresi dan berkreativitas dari seniman musikus.4.Musik modern dapat pula difungsikan sebagai alat promosi perusahaan atau untuk kepentingan bisnis,atau perdagangan.
2.Peran MusikBeberapa peranan musik adalah sebagai berikut :a.Sebagai kebanggaan suatu bangsa dan merupakan karakter dan ciri khas suatu daerah.b.Sebagai media ekspresi dan komunikasi sosial budaya masyarakat.Sebagai dorongan untuk mempunyai rasa cinta dan bangga terhadap potensi daerah yang perlu dilestarikan dan dikembangkan sebagai bagian dari budaya nasional indonesia.
Berikut di bawah ini video contoh jenis karya musik daerah jawa tengah yaitu Gamelan :





Sumber : 1)Modul Seni Budaya MENTARI Kelas 10 SMK Semester I
                2)Google images.
                3)You Tube
                4)Wikipedia

               

  


Senin, 19 Maret 2012

~MY BIODATA~













Nama : Atar Achmad Nugrahwanto
Sekolah : SMK N 8 SEMARANG
Kelas : 11 MM 3
Tempat Tanggal Lahir : Semarang,6 April 1996
Hobi : Baca Buku,Menggambar,Game Online

Jumat, 16 Maret 2012

Pengertian Seni Budaya&Definisi Kebudayaan

Pengertian Seni Budaya

Kata "seni" adalah sebuah kata yang semua orang di pastikan mengenalnya, walaupun dengan kadar pemahaman yang berbeda. Konon kabarnya kata seni berasal dari kata "SANI" yang kurang lebih artinya "Jiwa Yang Luhur/ Ketulusan jiwa". Mungkin saya memaknainya dengan keberangkatan orang/ seniaman saat akan membuat karya seni, namun menurut kajian ilimu di eropa mengatakan "ART" (artivisial) yang artinya kurang lebih adalah barang/ atau karya dari sebuah kegiatan. Namun kita tidaka usah mempersoalkan makna ini, karena kenyataannya kalu kita memperdebatkan makna yang seperti ini akan semakain memperkeruh suasana kesenian, biarlah orang memilih yang mana terserah mereka.
Berdasarkan penelitian para ahli menyatakan seni/karya seni sudah ada + sejak 60.000 tahun yang lampau. Bukti ini terdapat pada dinding-dinding gua di Prancis Selatan. Buktinya berupa lukisan yang berupa torehan-torehan pada dinding dengan menggunakan warna yang menggambarkan kehidupan manusia purba. Artefak/bukti ini mengingatkan kita pada lukisan moderen yang penuh ekspresi. Hal ini dapat kita lihat dari kebebaan mengubah bentuk. Satu hal yang membedakan antara karya seni manusia Purba dengan manusia Moderen adalah terletak pada tujuan penciptaannya. Kalau manusia purba membuat karya seni/penanda kebudayaan pada massanya adalah semat-mata hanya untuk kepentingan Sosioreligi, atau manusia purba adalah figure yang masih terkungkung oleh kekuatan-kekuatan di sekitarnya. Sedangkan manusia moderen membuat karya seni/penanda kebudayaan pada massanya digunakan untuk kepuasan pribadinya dan menggambarkan kondisi lingkungannya "mungkin". Dengan kata lain manusia moderen adalah figure yang ingin menemukan hal-hal yang baru dan mempunyai cakrawala berfikir yang lebih luas. Semua bentuk kesenian paa jaman dahulu selalu ditandai dengan kesadaran magis; karena memang demikian awal kebudayaan manusia. Dari kehidupan yang sederhana yang memuja alam sampai pada kesadaran terhadap keberadaan alam
Pada awalnya seni diciptakan untuk kepentingan bersama/milik bersama.karya- karya seni yang ditinggalkan pada masa pra-sejarah digua-gua tidak pernah menunjukan identitas pembuatnya. Demikian pula peninggalan-peninggalan dari masa lalu seperti bangunan atau artefak di mesir kuno, Byzantium, Romawi, India, atau bahkan di Indonesia sendiri. Kalupun toh ada penjelasan tertentu pada artefak tersebut hanya penjelasan yang menyatakan benda/bangunan tersebut di buat untuk siapa". Ini pun hanya ada pada setelah jaman, katanya para ahli arkiologi sich saya sendiri tidak tahu pasti. Kita bisa menyimpulkan kesenian pada jaman sebelum moderen kesenian tidak beraspek individulistis. 

Definisi Kebudayaan Menurut para Ahli



Berikut ini definisi-definisi kebudayaan yang dikemukakan beberapa ahli:
1. Edward B. Taylor

Kebudayaan merupakan keseluruhan yang kompleks, yang didalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adapt istiadat, dan kemampuan-kemampuan lain yang didapat oleh seseorang sebagai anggota masyarakat.
2. M. Jacobs dan B.J. SternKebudayaan mencakup keseluruhan yang meliputi bentuk teknologi social, ideologi, religi, dan kesenian serta benda, yang kesemuanya merupakan warisan social.3. Koentjaraningrat



Kebudayaan adalah keseluruhan sistem gagasan, tindakan, dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengan relajar.4. Dr. K. Kupper


Kebudayaan merupakan sistem gagasan yang menjadi pedoman dan pengarah bagi manusia dalam bersikap dan berperilaku, baik secara individu maupun kelompok.5. William H. HavilandKebudayaan adalah seperangkat peraturan dan norma yang dimiliki bersama oleh para anggota masyarakat, yang jika dilaksanakan oleh para anggotanya akan melahirkan perilaku yang dipandang layak dan dapat di tarima ole semua masyarakat.6. Ki Hajar DewantaraKebudayaan berarti buah budi manusia adalah hasil perjuangan manusia terhadap dua pengaruh kuat, yakni zaman dan alam yang merupakan bukti kejayaan hidup manusia untuk mengatasi berbagai rintangan dan kesukaran didalam hidup dan penghidupannya guna mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang pada lahirnya bersifat tertib dan damai.7. Francis Merill
  • Pola-pola perilaku yang di hasilkan oleh interaksi social
  • Semua perilaku dan semua produk yang dihasilkan oleh sesorang sebagai anggota suatu masyarakat yang di temukan melalui interaksi simbolis.
8. Bounded et.alKebudayaan adalah sesuatu yang terbentuk oleh pengembangan dan transmisi dari kepercayaan manusia melalui simbol-simbol tertentu, misalnya simbol bahasa sebagai rangkaian simbol yang digunakan untuk mengalihkan keyakinan budaya di antara para anggota suatu masyarakat. Pesan-pesan tentang kebudayaan yang di harapkan dapat di temukan di dalam media, pemerintahan, intitusi agama, sistem pendidikan dan semacam itu.
9. Mitchell (Dictionary of Soriblogy)
Kebudayaan adalah sebagian perulangan keseluruhan tindakan atau aktivitas manusia dan produk yang dihasilkan manusia yang telah memasyarakat secara sosial dan bukan sekedar di alihkan secara genetikal.10. Robert H LowieKebudayaan adalah segala sesuatu yang di peroleh individu dari masyarakat, mencakup kepercayaan, adat istiadat, norma-norma artistic, kebiasaan makan, keahlian yang di peroleh bukan dari kreatifitasnya sendiri melainkan merupakan warisan masa lampau yang di dapat melalui pendidikan formal atau informal.11. Arkeolog R. SeokmonoKebudayaan adalah seluruh hasil usaha manusia, baik berupa benda ataupun hanya berupa buah pikiran dan dalam penghidupan.KesimpulanDari berbagai definisi di atas, dapat diperoleh kesimpulan mengenai kebudayaan yaitu sistem pengetahuan yang meliputi sistem ide gagasan yang terdapat di dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari kebudayaan itu bersifat abstrak. Sedangkan perwujudan kebudayaan adalah benda-benda yang diciptakan oleh manusia sebagai makhluk yang berbudaya, berupa perilaku dan benda-benda yang bersifat nyata, misalnya pola-pola perilaku, bahasa, peralatan hidup, organisasi social, religi seni dan lain-lain, yang kesemuanya ditujukan untuk membantu manusia dalam melangsungkan kehidupan bermasyarakat.
Sumber:http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20101008052831AAVE0nQ DAN http://cahisisolo.com/seni/budaya/definisi-kebudayaan-menurut-para-ahli.html

Kamis, 15 Maret 2012

LATIHAN SOAL

Postingan kali ini saya akan membuat suatu latihan soal yaitu "Soal Seni Rupa"...ini merupakan pilihan ganda jadi jawab yang tepat ya... :)





Jumat, 09 Maret 2012

"Masalah Pendidikan Di Indonesia"

images

Kualitas pendidikan di Indonesia saat ini sangat memprihatinkan. Ini dibuktikan bahwa indeks pengembangan manusia Indonesia makin menurun. Kualitas pendidikan di Indonesia berada pada urutan ke-12 dari 12 negara di Asia. Indonesia memiliki daya saing yang rendah Dan masih menurut survai dari lembaga yang sama Indonesia hanya berpredikat sebagai follower bukan sebagai pemimpin teknologi dari 53 negara di dunia.
Yang kita rasakan sekarang adalah adanya ketertinggalan didalam mutu pendidikan. Baik pendidikan formal maupun informal. Pendidikan memang telah menjadi penopang dalam meningkatkan sumber daya manusia Indonesia untuk pembangunan bangsa. Oleh karena itu, kita seharusnya dapat meningkatkan sumber daya manusia Indonesia yang tidak kalah bersaing dengan sumber daya manusia di negara-negara lain. Setelah kita amati, nampak jelas bahwa masalah yang serius dalam peningkatan mutu pendidikan di Indonesia adalah rendahnya mutu pendidikan di berbagai jenjang pendidikan, baik pendidikan formal maupun informal. Dan hal itulah yang menyebabkan rendahnya mutu pendidikan yang menghambat penyediaan sumber daya menusia yang mempunyai keahlian dan keterampilan untuk memenuhi pembangunan bangsa di berbagai bidang.Penyebab rendahnya mutu pendidikan di Indonesia antara lain adalah masalah efektifitas, efisiensi dan standardisasi pengajaran. Hal tersebut masih menjadi masalah pendidikan di Indonesia pada umumnya. Adapun permasalahan khusus dalam dunia pendidikan yaitu:
(1). Rendahnya sarana fisik,
(2). Rendahnya kualitas guru,
(3). Rendahnya kesejahteraan guru,
(4). Rendahnya prestasi siswa,
(5). Rendahnya kesempatan pemerataan pendidikan,
(6). Mahalnya biaya pendidikan.* Rendahnya Kualitas Sarana FisikUntuk sarana fisik misalnya, banyak sekali sekolah dan perguruan tinggi kita yang gedungnya rusak, kepemilikan dan penggunaan media belajar rendah, buku perpustakaan tidak lengkap. Sementara laboratorium tidak standar, pemakaian teknologi informasi tidak memadai dan sebagainya. Bahkan masih banyak sekolah yang tidak memiliki gedung sendiri, tidak memiliki perpustakaan, tidak memiliki laboratorium dan sebagainya.* Rendahnya Kualitas GuruKeadaan guru di Indonesia juga amat memprihatinkan. Kebanyakan guru belum memiliki profesionalisme yang memadai untuk menjalankan tugasny. Bukan itu saja, sebagian guru di Indonesia bahkan dinyatakan tidak layak mengajar. Kelayakan mengajar itu jelas berhubungan dengan tingkat pendidikan guru itu sendiri. Data Balitbang Depdiknas (1998) menunjukkan dari sekitar 1,2 juta guru SD/MI hanya 13,8% yang berpendidikan diploma D2-Kependidikan ke atas. Selain itu, dari sekitar 680.000 guru SLTP/MTs baru 38,8% yang berpendidikan diploma D3-Kependidikan ke atas. Di tingkat sekolah menengah, dari 337.503 guru, baru 57,8% yang memiliki pendidikan S1 ke atas. Di tingkat pendidikan tinggi, dari 181.544 dosen, baru 18,86% yang berpendidikan S2 ke atas (3,48% berpendidikan S3). Walaupun guru dan pengajar bukan satu-satunya faktor penentu keberhasilan pendidikan tetapi, pengajaran merupakan titik sentral pendidikan dan kualifikasi, sebagai cermin kualitas, tenaga pengajar memberikan andil sangat besar pada kualitas pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya.* Rendahnya Kesejahteraan GuruRendahnya kesejahteraan guru mempunyai peran dalam membuat rendahnya kualitas pendidikan Indonesia. idealnya seorang guru menerima gaji bulanan serbesar Rp 3 juta rupiah. Sekarang, pendapatan rata-rata guru PNS per bulan sebesar Rp 1,5 juta. guru bantu Rp, 460 ribu, dan guru honorer di sekolah swasta rata-rata Rp 10 ribu per jam. Dengan pendapatan seperti itu, terang saja, banyak guru terpaksa melakukan pekerjaan sampingan. Ada yang mengajar lagi di sekolah lain, memberi les pada sore hari, menjadi tukang ojek, pedagang mie rebus, pedagang buku/LKS, pedagang pulsa ponsel.* Rendahnya Prestasi SiswaDengan keadaan yang demikian itu (rendahnya sarana fisik, kualitas guru, dan kesejahteraan guru) pencapaian prestasi siswa pun menjadi tidak memuaskan. Sebagai misal pencapaian prestasi fisika dan matematika siswa Indonesia di dunia internasional sangat rendah.Anak-anak Indonesia ternyata hanya mampu menguasai 30% dari materi bacaan dan ternyata mereka sulit sekali menjawab soal-soal berbentuk uraian yang memerlukan penalaran. Hal ini mungkin karena mereka sangat terbiasa menghafal dan mengerjakan soal pilihan ganda. * Kurangnya Pemerataan Kesempatan PendidikanSementara itu layanan pendidikan usia dini masih sangat terbatas. Kegagalan pembinaan dalam usia dini nantinya tentu akan menghambat pengembangan sumber daya manusia secara keseluruhan. Oleh karena itu diperlukan kebijakan dan strategi pemerataan pendidikan yang tepat untuk mengatasi masalah ketidakmerataan tersebut.* Mahalnya Biaya PendidikanPendidikan bermutu itu mahal. Kalimat ini sering muncul untuk menjustifikasi mahalnya biaya yang harus dikeluarkan masyarakat untuk mengenyam bangku pendidikan. Mahalnya biaya pendidikan dari Taman Kanak-Kanak (TK) hingga Perguruan Tinggi (PT) membuat masyarakat miskin tidak memiliki pilihan lain kecuali tidak bersekolah. Orang miskin tidak boleh sekolah. Pendidikan berkualitas memang tidak mungkin murah, atau tepatnya, tidak harus murah atau gratis. Tetapi persoalannya siapa yang seharusnya membayarnya? Pemerintahlah sebenarnya yang berkewajiban untuk menjamin setiap warganya memperoleh pendidikan dan menjamin akses masyarakat bawah untuk mendapatkan pendidikan bermutu. Akan tetapi, kenyataannya Pemerintah justru ingin berkilah dari tanggung jawab. Padahal keterbatasan dana tidak dapat dijadikan alasan bagi Pemerintah untuk ‘cuci tangan’.


 

Sumber : http://ganis.student.umm.ac.id/2010/01/26/mahalnya-biaya-sekulah-di-masa-sekarang/